Nasution, Atika Sadariah (2017) ANALISIS KESESUAIAN MATERI PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA DENGAN KOMPETENSI DASAR PADA SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP KURIKULUM 2013 (EDISI REVISI). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2131111009 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 2131111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
3. NIM 2131111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4. NIM 2131111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 2131111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 2131111009 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 2131111009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 2131111009 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
12. NIM 2131111009 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM 2131111009 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi pada buku teks bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar pada silabus bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013 (edisi revisi) dengan indikator penilaian pada aspek relevansi, konsistensi, dan kecukupuan materi. Objek penelitian ini adalah buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP Kurikulum 2013 (edisi revisi). Instrumen penelitian ini adalah lembar penilaian kesesuaian materi dengan Kompetensi Dasar pada silabus.Buku yang dianalisis adalah buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013 (edisi revisi) yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 (edisi revisi). Buku teks bahasa Indonesia ini memiliki kriteria sangat baik untuk dijadikan guru sebagai bahan ajar yang akan diajarkan dan digunakan pada saat kegiatan pembelajaran. Berdasarakan hasil analisis kesesuaian tersebut memiliki kriteria yang sangat baik karena kesesuaian materi pada buku teks bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar secara keseluruhan skor indikator penilaian pada aspek relevansi 91,66% termasuk kriteria sangat baik, aspek konsistensi 86,9% dan 96,42% termasuk kriteria sangat baik, dan pada aspek kecukupan termasuk kriteria sangat baik 96,42% termasuk kriteria sangat baik dan 96,42% termasuk kriteria sangat baik.
Dengan demikian kesesuaian materi pada buku teks bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar pada silabus kelas VII SMP kurikulum 2013 (edisi revisi) berdasarkan aspek relevansi, konsistensi, dan kecukupan termasuk dalam kriteria sangat baik. Artinya, buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 070 |
Keywords: | Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia, Kompetensi Dasar, Relevansi, Konsistensi, Kecukupan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P321 Etymology P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:24 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25776 |