Sari, Khadijah Permata (2017) MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH KARAKTER SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131144012 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 5131144012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
3. NIM. 5131144012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM. 5131144012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 5131144012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6. NIM. 5131144012 TABLES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7. NIM. 5131144012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
8. NIM. 5131144012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM. 5131144012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM. 5131144012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM. 5131144012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
blended learning berbantuan macromedia flash pada mata pelajaran Rias
Wajah Karakter, untuk mengetahui efektifitas model blended learning berbantuan
macromedia flash, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mendapatkan
model blended learning berbantuan macromedia flash. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research
and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin. Dalam
penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran Rias Wajah
Karakter kompetensi Rias Wajah Karakter zombie yang didesain menggunakan
model blended learning berbantuan macromedia flash. Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI tata kecantikan yang berjumlah 31 orang di SMK
Negeri 1 Beringin. Model blended learning berbantuan macromedia flash
meliputi tujuh tahapan, yakni : (1) Melakukan Analisis Kebutuhan Media, (2)
Mengembangkan Produk Awal, (3) Validasi Ahli dan Revisi, (4) Uji Coba
Kwlompok Kecil, (5) Uji Coba Kelompok Sedang, (6) Uji Coba Kelompok Besar,
(7) Produk Akhir. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, uji coba
kelompok kecil berjumlah 5 siswa, uji coba kelompok sedang berjumlah 15 siswa,
uji coba kelompok besar berjumlah 31 siswa, dan dilanjutkan dengan uji
efektifitas guru dan siswa. Data tentang kualitas produk dikumpulkan dengan
angket sedangkan data tentang hasil belajar dengan test. Data-data yang
dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan diubah menjadi data
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Uji efektifitas siswa pada kriteria sangat
baik (90,5%) dan uji efektifitas guru pada kriteria sangat baik (97%); (2) Hasil
belajar siswa meningkat sebanyak (20,2%); ini membuktikan tingkat keefektifan
model Blended Learning yang dikembangkan sangat baik sehingga hasil belajar
siswa pada mata pelajaran rias wajah karakter meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 050 |
Keywords: | Model blended learning; Macromedia flash; Rias wajah karakter zombie |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:23 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25773 |