Sihombing, Desri Cristina (2017) PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN BERDASARKAN TEKNIK 3M UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 2132111005 Cover.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2 Nim 2132111005 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
3 Nim 2132111005 Abstract.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4 Nim 2132111005 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5 Nim 2132111005 Table of Content.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6 Nim 2132111005 Table.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8 Nim 2132111005 Appendices.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9 Nim 2132111005 Chapter I.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
13 Nim 2132111005 Chapter V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14 Nim 2132111005 References.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan modul untuk pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan teknik 3M untu siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengembangkan modul pada pembelajaran menulis cerpen, (2) mendeskripsikan kelayakan dan keefektifan penerapan Lembar modul pada pembelajaran menulis cerpen dalam pembelajaran, (3) menganalisis kemampuan siswa dalam mengerjakan modul. Penelitian ini menggunakan sampel 45 peserta didik dengan metode Research and Development (R&D) dengan model Hannafin dan Peck sebagai pengembangan intruksional yang membantu proses pengembangan modul, Hannafin dan Peck yang berarti Needs Assess (Analisis Kebutuhan), Design (Desain), Develop/Implement (Pengembangan dan Implementasi) . Instrumen yang digunakan adalah angket check list, pada validasi tim ahli materi, ahli desain, dan guru bidang studi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul untuk pembelajaran menulis cerpen untuk siswa kelas XI SMP Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Tergolong dalam kategori “Sangat Baik”. Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian tim ahli materi yang memperoleh skor 94,8% yang dapat dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi materi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa. Hasil dari penilaian tim ahli desain memperoleh skor 90,9% yang dikategotikan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kelayakan kegrafikan modul. Dan hasil penilaian dari materi selaku guru bidang studi memperoleh skor 92,2% yang dapat dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi materi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa. Dan diperkuat dari hasil uji coba produk pada uji coba kelompok kecil yang mencapai skor 84,23% dan uji coba kelompok besar dengan skor 87,6% yang dapat dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pada pembelajaran menulis cerpen berdasarkan teknik 3M yang dikembangkan dengan menggunakan model Hannafin dan Peck dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 073 |
Keywords: | Pengembangan Modul; Teks Cerpen; Model Hannafin dan Peck |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25770 |