Tambunan, Melisa Beta Maribot (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132131017 JUDUL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 4132131017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM 4132131017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4132131017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM 4132131017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM 4132131017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4132131017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4132131017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
9. NIM 4132131017 BAB I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM 4132131017 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4132131017 BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TAI dengan media Handout terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Swasta Santo Fransiskus yang berjumlah 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eskperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif TAI dengan media handout sedangkan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya bedanya. Data dianalisis menggunakan uji-t setelah diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata gain kelas eksperimen 0,749± 0,087 dan rata-rata gain kelas kontrol 0,605±0,074. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel (2,886 > 1,689), menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu Peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajaRkan menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI dengan media Handout lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Peningkatan hasil belajar pada kelas Team Assisted Individualization dengan media Handout sebesar 74,9% dan pada kelas Konvensional sebesar 60,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 037 |
Keywords: | Gain; Handout; Pembelajaran konvensional; Kelarutan dan hasil kali kelarutan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25754 |