Simanjuntak, Asella Elisabet (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEWARNAAN RAMBUT DI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5132144001 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 5132144001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
3. 5132144001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. 5132144001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. 5132144001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. 5132144001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. 5132144001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. 5132144001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. 5132144001 BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13. 5132144001 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. 5132144001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran pewarnaan rambut dengan model pembelajaran
konvensional. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
pewarnaan rambut dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe
Student Teams Achievement Division (STAD). Untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) Terhadap hasil belajar Pewarnaan Rambut kelas XI Tata Kecantikan
SMK Negeri 10 Medan
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Sampel
penelitian sebanyak 68 orang siswa yang diambil dari dua kelas yaitu kelas
eksperimen dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student
Teams Achievement Division (STAD) sebanyak 33 orang siswa dan kelas kontrol
dengan penerapan pembelajaran konvensional sebanyak 35 orang siswa.
Instrument penelitian yang digunakan adalah tes untuk memperoleh hasil
belajar siswa dalam mata pelajaran pewarnaan rambut. Teknik analasis data yang
digunakan adalah uji parametric dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan uji
persyaratan analaisis yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas data.
Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas XI Tata
Kecantikan SMK Negeri 10 Medan pada mata pelajaran pewarnaan rambut yang
diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori baik yaitu
sebanyak 65,71. Hasil belajar siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10
Medan pada mata pelajaran pewarnaan rambut yang diajar dengan model
pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berada
pada kategori sangat baik yaitu sebanyak 96,97. Terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran pewarnaan rambut pada siswa kelas XI
Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistic
yaitu diperoleh = 5,04 dan t = 2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 66
sehingga sehingga t > t atau 5,04 > 2,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 052 |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD); Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:18 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25752 |