Tinambunan, Tiurmina A. (2005) BUDAYA SEKOLAH YANG DILAKSANAKAN DI SD YAYASAN PERGURUAN SULTAN ISKANDAR MUDA SUNGGAL-MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 035030224 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
2. 035030224 Abstrak.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. 035030224 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. 035030224 Bab I.pdf - Published Version
Download (805kB) | Preview
5. 035030224 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya sekolah yang dilaksanakan di SD YP SIM Sunggal-Medan, satu sekolah swasta yang berada di pinggiran kota Medan namun berkomitmen dalam hal mendukung keberagaman bukan keberagaman. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Pebruari 2005 sampai bulan September 2005.Subjek penelitian dalam studi ini adalah Kepala Sekolah, pars Guru, Siswa, Orangtua Siswa di unit Sekolah Dasar termasuk pimpinan Yayasan. Budaya sekolah yang diteliti terdiri dart tiga aspek taama yaitu yang pertama adalah : Perilaku budaya, benda budaya dan nilai budaya. Metode penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah metode penelitian jenis kualitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan berperan serta dan wawancara mendalam. Teknik analisa datanya adalah analisa deskriptip, taksonomi, komponen dan terra_ Validasi data yang digunakan trianggulasi sumber, diskusi dengan orang yang terkait langsung, serta memperpanjang masa ohservasi.Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut : periiaku budaya siswa, guru dan kepala sekolah adalah perilaku tepat waktu, kerja keras, toieransi dan kompetisi. Sedangkan benda hudaya yang dipergunakan oleh siswa adatah : huku pelajaran, dinas sekolah, alat peraga, perpustakaais, komputer_ Benda budaya guru adalah kurikutum, huku pegangan, media pembelajaran dan dinas sekolah.Benda budaya kepala sekolah adalah : komputer, dinas sekolah, hukupelajaranimedia pernbelajaran. iernyata budaya sekoiah yang mencakup perilaku budaya dan benda hudaya tersebut berhasil mengendalikan perilaku siswa, guru, dan kepala sekolah. Adapun nilai hudaya yang terungkap mengapa meiakulcan perilaku budaya tersebut adalah karena rasa kewajiban dan mengapa memakai benda budaya tersebut adalah karena peraturan sekolah untuk kemajuan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.24 Tiu b |
Keywords: | Kepala sekolah; Sekolah; Budaya; Guru; Nilai budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L899 School fairs L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2575 |