Bakoban, Faizah Ibrahim (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TIPE KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BAGI SISWA KELAS VIII DI S. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM.4133311011 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
NIM.4133311011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
NIM.4133311011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM.4133311011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
NIM.4133311011 TABLES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
NIM.4133311011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
NIM.4133311011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
NIM 4133311011 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
NIM.4133311011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
NIM.4133311011 APPENDICIES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments pada materi persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 35 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N 35 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 318 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan selisih data pretest post test dari kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 27,61 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 20,083. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 70 dan = 0,05, diperoleh thitung = 2,935 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,935 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa STAD (Student Teams Achievement Division) lebih efektif untuk matematika dibandingkan dengan TGT (Teams Games Tournaments) .Karena penyediaan untuk keterlibatan belajar yang lebih tinggi, ini terbukti menjadi strategi pembelajaran aktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 105 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD); Teams Games Tournaments (TGT); Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:11 |
Last Modified: | 24 Aug 2017 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25736 |