Sibarani, Rikson (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK JURUSAN TIPTL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5123131039 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. 5123131039. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
3. 5123131039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. 5123131039. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. 5123131039. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
6.5123131039. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
7. 5123131039. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. 5123131039. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. 5123131039. BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. 5123131039. BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. 5123131039. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2x2. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Kelas X TITL A menjadi kelas eksperimen dengan menggunakan model Make A Match dan kelas X TITL B menjadi kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Data hasil penelitian Dasar dan Pengukuran Listrik yang diajar dengan model Make A Match dan memiliki keaktifan tinggi adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = (0,17.> 0.15) L hitung, data hasil penelitian Dasar dan Pengukuran Listrik yang diajar dengan model Make A Match dan memiliki keaktifan rendah adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,17 > 0,15 Lhitung, data hasil penelitian Dasar dan Pengukuran Listrik yang diajar dengan model konvensional dan memiliki keaktifan tinggi adalah berdistribusi normal dimana L tabel = 0,23 > 0,18 L hitung, data hasil penelitian Dasar dan Pengukuran Listrik yang diajar dengan model konvensional dan memiliki keaktifan rendah adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,221 > 0,17 L hitung. Kedua varians data adalah Homogen. X2 tabel > X2 hitung = (7,82 > 7,46). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Model pembelajaran Make A Match dan model pembelajaran konvensional memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar siswa , dimana F hitung (184,92) > Ftabel (3,98) (b) Tinggi rendahnya keaktifan siswa memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dimana F hitung (76,23) > Ftabel (3,98) (c) tidak ada interaksi model pembelajaran dengan keaktifan siswa F hitung (-41,95) > Ftabel (3,98).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 037 |
Keywords: | HASIL BELAJAR; KEAKTIFAN; MODEL PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:10 |
Last Modified: | 24 Aug 2017 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25734 |