Sagala, Juni Kristian (2017) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DAN TANDA BACA PADA TEKS EKSPLANASI SISIWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 2131111026 Cover.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2 Nim 2131111026 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
3 Nim 2131111026 Abstract.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4 Nim 2131111026 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5 Nim 2131111026 Table of Content.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6 Nim 2131111026 Table.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 Nim 2131111026 Appendices.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 Nim 2131111026 Chapter I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
12 Nim 2131111026 Chapter V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
13 Nim 2131111026 References.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengklasifikasikan bentuk kesalahan penggunaan kalimat efektif dan tanda baca yang terdapat pada teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli tahun pembelajaran 2016/2017, mendeskripsikan apa saja bentuk kesalahan yang paling dominan yang ditemukan dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk penelitian studi kasus. Sumber data berasal dari dokumen berupa karangan siswa dan narasumber (informan) yang terdiri dari guru bahasa Indonesia serta siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis jalinan atau mengalir yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap meliputi tahap prapenelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan penelitian.
Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk kesalahan penggunaan kalimat efektif yang terdapat dalam teks eksplanasi siswa terdapat lima aspek, yaitu kesalahan pada penggunaan kalimat yang tidak koherensi,kesatuan, ketepatan, kehematan, dan kelogisan. Frekuensi kesalahan pada tataran koherensi adalah sebesar 47,5%, kesalahan pada tataran kesatuan sebesar 22,85%, kesalahan pada tataran ketepatan sebesar 7,5%, kesalahan pada tataran kehematan sebesar 16,78% dan kesalahan pada tataran kelogisan sebesar 5,35%. Kedua,bentuk kesalahan penggunaan tanda baca yang terdapat dalam teks eksplanasi siswa terdapat dua aspek, yaitu kesalahan pada penggunaan tanda titik dan tanda koma . Frekuensi kesalahan pada penggunaan tanda titik adalah sebesar 55,65% dan frekunsi kesalahan pada penggunaan tanda koma adalah sebesar 44,34%. Ketiga kesalahan penggunaan kalimat efektif yang paling dominan ditemukan pada teks ekplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli adalah kesalahan penggunaan ketidakhorensian dengan frekuensi sebesar 47,5%. Keempat kesalahan penggunaan tanda baca yang paling dominan ditemukan pada teks ekplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli adalah kesalahan penggunaan tanda baca yaitu tanda titik dengan frekuensi sebesar 55,65%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 076 |
Keywords: | ANALISIS KESALAHAN, TEKS EKSPLANASI, PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DAN TANDA BACA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:09 |
Last Modified: | 24 Aug 2017 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25733 |