Harahap, Khoirunnisa (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311048_COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 1133311048_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 1133311048_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 1133311048_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM. 1133311048_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 1133311048_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7. NIM. 1133311048_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1133311048_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1133311048_BAB I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 1133311048_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 1133311048_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
tematik terhadap hasil belajar dengan yang menggunakan strategi pembelajaran
konvensional pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Penelitian ini
dilaksanakan di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur pada semester genap tahun
ajaran 2016/2017. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Negeri 104204 Sambirejo Timur yang berjumlah 60 siswa, yang terbagi atas kelas
IV-A sebanyak 30 siswa dan kelas IV-B sebanyak 30 siswa. Sampel dalam
penelitian ini yaitu dengan cara teknik random sampling, yaitu dengan memilih
sampel secara acak yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai
kelas kontrol. Sebelum penelitian dilakukan maka peneliti melakukan uji
validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda.
Berdasarkan analisis data ditemukan kelas eksperimen dengan
menggunakan strategi pembelajaran tematik diperoleh nilai pretest X = 42,38, S2
= 114,97 dan SD = 10,72, dan nilai post test X = 80,17, S2 = 1130,14 dan S =
11,30, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 89%. hasil analisis data kelas
kontrol diperoleh X = 41, S2 = 110,91 dan S = 10,53, terjadi peningkatan hasil
belajar sebesar 46%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dengan
perolehan diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,226 > 2,002. Hal ini berarti terdapat
pengaruh strategi pembelajaran tematik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di
kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara hasil belajar siswa kelas IV yang menggunakan strategi pembelajaran
tematik dengan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi
pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa
Kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 227 |
Keywords: | PEMBELAJARAN TEMATIK, HASIL BELAJAR, MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:01 |
Last Modified: | 24 Aug 2017 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25717 |