Nababan, Friady (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) POKOK BAHASAN ALAT UKUR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SEI RAMPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 5113122014 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
02. 5113122014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
03. 5113122014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
04. 5113122014 PREVACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
05. 5113122014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
07. 5113122014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06. 5113122014 TABLES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
08. 5113122014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
09. 5113122014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
13. 5113122014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. 5113122014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran alat ukur di kelas X TKR SMK Negeri 1 Sei Rampah T.A
2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sei Rampah yang
terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X TKR 2 sebagai
kelas eksperimen dan X TKR 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri
dari 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster
Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 25 soal
yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen pada model Problem
Based Learning. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Dari hasil penelitian
diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 53,73 dan kelas kontrol adalah
50,67 kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu model
pembelajaran kontekstual pada kelas eksperimen dan pembelajaran ekspositori
pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah
80.00 dan kelas kontrol 68,04. Dari hasil uji t diperoleh thitung 6,59 sedangkan ttabel
dengan α = 0,05 dan dk = 58 adalah 1,671 sehingga thitung > ttabel maka dapat
disimpulkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based
learning terhadap hasil belajar siswa pada materi alat ukur di kelas X TKR SMK
Negeri 1 Sei Rampah T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 023 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ268 Steam engineering > TJ603 Locomotives |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:44 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25691 |