Nainggolan, Eky Nurrahman (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJRAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X-AK SMK IT MARINAH AL-HIDAYAH TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7103142021 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM 7103142021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7103142021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 7103142021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
5. NIM 7103142021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM 7103142021 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 7103142021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM 7103142021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
9. NIM 7103142021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
13. NIM 7103142021 CAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM 7103142021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar siswa pada pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dan perbedaan
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar akuntansi siswa kelas X-Ak SMK IT Marinah Al-Hidayah Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK IT Marinah Al-Hidayah yang
beralamat di Jalan Panglima Denai No. 28 Medan. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas X-Ak di SMK IT Marinah Al-Hidayah yang terdiir dari 25 siswa.
Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share
(TPS), teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara test berbentuk essay dan
lembar observasi aktivitas siswa. Adapun analisis data adalah data kuantitatif dan
kualitatif.
Data nilai hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM
adalah 14 siswa (56%) dengan nilai rata-rata siswa adalah 71.8 dan pada siklus II
diperoleh 21 siswa (84%) yang telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 86,4.
Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 28% dari siklus I ke
siklus II. Hasil perolehan aktivitas siswa pada siklus I jumlah siswa yang sangat
aktif sebanyak 1 siswa, siswa yang aktif sebanyak 10 siswa, siswa yang cukup
aktif sebanyak 3 siswa, siswa yang kurang aktif sebanyak 7 siswa dan siswa yang
tidak aktif sebanyak 4 siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan
aktivitas dimana jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 6 siswa, siswa yang
aktif sebanyak 15 siswa, tidak terdapat siswa yang cukup aktif, siswa yang kurang
aktif sebanyak 4 siswa dan tidak terdapat siswa yang tidak aktif. Dapat
disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa Kelas X-Ak SMK IT
Marinah AL-Hidayah. Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 100 |
Keywords: | Think Pair Share; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:40 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25685 |