Saleh, Ari Mahran (2017) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7133341068 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. 7133341068 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
3. 7133341068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4. 7133341068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. 7133341068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
6. 7133341068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. 7133341068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8. 7133341068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. 7133341068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. 7133341068 BAB I.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
13. 7133341068 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. 7133341068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan Belajar dan
Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan
di SMP Darussalam Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan mengambil populasi
sebanyak 166 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 62 siswa.
Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket.
Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi
linear berganda.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan
bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh antara Kebiasaan Belajar terhadap
prestasi belajar IPS dengan perhitungan nilai thitung > ttabel (3,045 > 1,671) dengan
nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05 (0,003 < 0,05). Dan
ada pengaruh Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan
perhitungan nilai thitung > ttabel (2,735 > 1,671) dengan nilai signifikansi lebih kecil
dari taraf signifikansi α = 0,05 (0,008 < 0,05). Serta ada pengaruh antara
Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa
melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan nilai Fhitung > Ftabel
(10,183 > 3,15) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan α = 0,05
(0,000 < 0,05).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) Kebiasaan
Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Dan Lingkungan Belajar
berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Secara uji F (simultan)
Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar
IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 112 |
Keywords: | KEBIASAAN BELAJAR; LINGKUNGAN BELAJAR; PRESTASI BELAJAR IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:23 |
Last Modified: | 21 Aug 2017 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25668 |