PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Saleh, Ari Mahran (2017) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 7133341068 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 7133341068 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. 7133341068 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 7133341068 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of 3. 7133341068 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. 7133341068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 4. 7133341068 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 7133341068 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 5. 7133341068 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 7133341068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 6. 7133341068 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. 7133341068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7. 7133341068 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. 7133341068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 8. 7133341068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 7133341068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 8. 7133341068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 7133341068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 9. 7133341068 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 7133341068 BAB I.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of 13. 7133341068 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 7133341068 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 14. 7133341068 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 7133341068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan Belajar dan
Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan
di SMP Darussalam Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan mengambil populasi
sebanyak 166 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 62 siswa.
Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket.
Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi
linear berganda.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan
bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh antara Kebiasaan Belajar terhadap
prestasi belajar IPS dengan perhitungan nilai thitung > ttabel (3,045 > 1,671) dengan
nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05 (0,003 < 0,05). Dan
ada pengaruh Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan
perhitungan nilai thitung > ttabel (2,735 > 1,671) dengan nilai signifikansi lebih kecil
dari taraf signifikansi α = 0,05 (0,008 < 0,05). Serta ada pengaruh antara
Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa
melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan nilai Fhitung > Ftabel
(10,183 > 3,15) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan α = 0,05
(0,000 < 0,05).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) Kebiasaan
Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Dan Lingkungan Belajar
berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Secara uji F (simultan)
Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar
IPS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 112
Keywords: KEBIASAAN BELAJAR; LINGKUNGAN BELAJAR; PRESTASI BELAJAR IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:23
Last Modified: 21 Aug 2017 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25668

Actions (login required)

View Item
View Item