Siahaan, Yosilina (2017) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS IV SD NEGERI 101801 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111052_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1131111052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 1131111052_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1131111052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1131111052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1131111052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1131111052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1131111052_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1131111052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1131111052_BAB I.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. NIM. 1131111052_BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
15. NIM. 1131111052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hsil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada pelajaran PKn materi pokok Pengaruh Globalisasi di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian T.A 2016/2017.
Peneliti ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian Tahun Ajaran 2016/1017 yang berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing – masing terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan lembar observasi untuk menilai aktivitas siswa dan guru selama prose pembelajaran. Dari pre test yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 orang siswa terdapat 4 orang yang mendapat nilai tuntas (11,4%) yang mendapat nilai tidak tuntas sebanyak 31 orang siswa (88,5%) dengan nilai rata – rata siswa sebesar 42,28. Pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dimana dari 35 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 15 orang siswa (42,8%) dan 20 orang siswa (57,1%) yang mendapat nilai tidak tuntas dengan nilai rata – rata sebesar 59,71 . Pada siklus II sebanyak 31 orang siswa (88,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata sebesar 84,71 dan 4 orang siswa (11,4%) yang tidak tuntas, hasil belajar mengalami peningkatan dari yang sebelumnya. Siklus I hasil observasi terhadap guru mencapai 64,28 hasil ini masih tergolong dalam kategori cukup, sedangkan hasil pada observasi pada siswa dalam aspek afektif dan psikomotorik mencapai 55,42 hasil ini tergolong kategori kurang. Pada siklus II hasil observasi terhadap guru mengalami peningkatan yaitu nilai yang diperoleh sebesar 92,85 hasil ini tergolong kategori sangat baik, begitu juga pada hasil observasi siswa sudah mengalami peningkatan yaitu 87,07 hasil ini termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian kec. Delitua T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 205 |
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Pembelajaran PKn |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 09:35 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25654 |