PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PM PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN PEMASARAN DI SMK N 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Manurung, Eva Trisdawati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PM PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN PEMASARAN DI SMK N 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7131141036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7131141036 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7131141036 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7131141036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7131141036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7131141036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7131141036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7131141036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7131141036 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7131141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7131141036 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7131141036 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7131141036 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7131141036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7131141036 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7131141036 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7131141036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7131141036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7131141036 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7131141036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7131141036 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7131141036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Instruction memiliki pengaruh yang posistif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X PM pada mata pelajaran perencanaan pemasaran di SMK N 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X PM di SMK N 1 Pematangsiantar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas X PM 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction dan kelas X PM 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang yang diajar model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 78,16 dengan standar deviasi 11,023. Untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata siswa adalah 58.33 dengan standar deviasi 11.768. un tuk harga ttabel dengan α= 5% dan dk = 58 diperoleh 1.671 dan thitung = 6.731. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,731> 1,671) dengan kata lain hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap tingkat pemahaman kemampuan berpikir kritis siswa kelas X PM pada mata pelajaran perencanaan pemasaran di SMK N 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 NIAGA 030
Keywords: Model pembelajaran problem based instruction (PBI); Tingkat pemahaman; Kemampuan berpikir kritis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Aug 2017 09:35
Last Modified: 16 Aug 2017 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25650

Actions (login required)

View Item
View Item