Gultom, Aprili Winarti (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS XI PEMASARAN SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR T. A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141009 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 7131141009 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
3. NIM. 7131141009. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. NIM. 7131141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 7131141009. TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM. 7131141009 TABLE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM. 7131141009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7131141009. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7131141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM. 7131141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 7131141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikansi keterampilan mengajar guru dan kemampuan komunikasi guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subjek penelitian terdiri dari 94 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisa butir angket menggunakan Product Moment, dan realibilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dan Koefisien Determinan. Dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis t untuk variabel Keterampilan Mengajar Guru (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,248 > ttabel 1,66177 dengan alpha 5%. Untuk variabel kemampuan berkomunikasi guru (X2 ) diperoleh nilai thitung sebesar 2,248 > ttabel 1,66177 dengan alpha 5%. Sementara uji F dilakukan dengan membandingkan antara Fhitung dengan Ftabel. Diperoleh nilai Fhitung dengan taraf signifikan α=0.05 diperoleh nilai Ftabel 3,10. (tabel F statistic). Dapat diketahui Fhitung = 34,223 > Ftabel 3,10. Sehinga dapat disimpulkan bahwa variabel keterampilan mengajar guru (X1) dan kemampuan berkomunikasi guru (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar (Y).