EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHA FISIKA SMA

Sihaloho, Roni Rohana (2017) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHA FISIKA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156176021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156176021 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156176021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156176021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156176021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156176021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156176021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156176021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156176021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156176021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156176021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156176021 TABLES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156176021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156176021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156176021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156176021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156176021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156176021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156176021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156176021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156176021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156176021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah, menganalisis apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalahyang dibelajarkan dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semudengan desain two group pretest- postest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diambil secara acak yang terdiri dari73 siswa. Kelas X-B adalah kelas eksperimen, terdiri dari 35 siswa menggunakan model problem based learning. Kelas X¬-D adalah kelas kontrol terdiri dari 38 siswa menggunaka pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes essay kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah yang telah dinyatakan valid. Analisis data menggunakan uji t statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan pembelajaran konvensional adalah 0,31 dan 0,30 berada dikategori rendah sedangkan siswa yang menggunakan model problem based learning masing-masing adalah 0,49 berada pada kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa masing-masing nilai signifikansi (sig )< 0,05 yaitu 0,00 maka H0 ditolak, artinya bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model problem based learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efek model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sih e
Keywords: Model Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kreatif; Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Aug 2017 09:34
Last Modified: 15 Aug 2017 01:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25642

Actions (login required)

View Item
View Item