Sihaloho, Roni Rohana (2017) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHA FISIKA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156176021 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 8156176021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM 8156176021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 8156176021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM 8156176021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM 8156176021 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM 8156176021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8156176021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 8156176021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. NIM 8156176021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM 8156176021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah, menganalisis apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalahyang dibelajarkan dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semudengan desain two group pretest- postest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diambil secara acak yang terdiri dari73 siswa. Kelas X-B adalah kelas eksperimen, terdiri dari 35 siswa menggunakan model problem based learning. Kelas X¬-D adalah kelas kontrol terdiri dari 38 siswa menggunaka pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes essay kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah yang telah dinyatakan valid. Analisis data menggunakan uji t statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan pembelajaran konvensional adalah 0,31 dan 0,30 berada dikategori rendah sedangkan siswa yang menggunakan model problem based learning masing-masing adalah 0,49 berada pada kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa masing-masing nilai signifikansi (sig )< 0,05 yaitu 0,00 maka H0 ditolak, artinya bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model problem based learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efek model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sih e |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kreatif; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 09:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2017 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25642 |