Sari, Nurmala (2017) PENGARUH PERMAINAN MEMANCING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERWANIS KECAMATAN MEDAN BARU T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
03. ABSTRAK NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
05. DAFTAR ISI NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. BAB I NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
13. BAB V NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan1-10. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di Tk Perwanis kec. Medan Baru Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini Pre-Experimental Design, dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yaitu dengan memilih sampel dengan cara acak, dengan jumlah kelas A1 sebagai kelas eksperiemen sebanyak 14 anak. Variabel bebas adalah permainan memancing angka, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalis dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 meningkat, setelah diberikan permainan memancing angka.Dari Hasil penelitian diketahui bahwa skor tertinggi pada data pretest yaitu 11, sedangkan post-test yaitu 16. Rata-rata pretest yaitu 7,357 untuk data post-test yaitu 12,714. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa permainan memancing angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh Thitung = 17,85 > Ttabel = 1,761. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Anak Usia 4-5 di TK PERWANIS Kec. Medan Baru Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 047 |
Keywords: | Permainan Memancing Angka; Mengenal Konsep Bilangan 1-10; Anak Usia 4-5 Tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 14:59 |
Last Modified: | 14 Aug 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25631 |