Oktaviani, Dina (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SALSA CINTA RAKYAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
03. ABSTRAK DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
05. DAFTAR ISI DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. BAB I DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. BAB V DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA DINA OKTAVIANI (NIM 1133313003).pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun yang masih rendah khususnya dalam pengenalan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Salsa T.A 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dilembaga Tk Salsa kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan B3 sebagai kelas kontrol. Yang ditentukan berdasarkan random dengan jumlah sampel setiap kelas sebanyak 28 anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian post test only control design. Variabel bebas adalah media audiovisual sedangkan variabel terikat adalah kemampuan membaca permulaan. Instrumen pengumpul data adalah lembar pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikansi pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 2,58 dengan nilai tertinggi 18 dengan kategori Baik Sekali yang mendapat presentasi nilai 86,6% dan nilai terendah 13 dengan kategori Baik yang mendapatkan presentasi nilai 13,4% Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 1,85 dengan nilai tertinggi 13 dengan kategori Baik yang mendapatkan presentasi nilai 86,6% dan nilai terendah 8 dengan kategori Cukup yang mendapat presentasi nilai 13,4%, sehingga kemampuan membaca permulaaan anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan media audiovisual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,57 > 1,693 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audiovisual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Tk Salsa T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 046 |
Keywords: | Media Audiovisual; Kemampuan Membaca Permulaan; Pengenalan Huruf |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 14:59 |
Last Modified: | 14 Aug 2017 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25630 |