Manurung, Erivan (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK BM SINAR HUSNI HELVETIA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132142005 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7132142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3. NIM 7132142005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 7132142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM 7132142005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7132142005 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7132142005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7132142005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7132142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13. NIM 7132142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 7132142005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study siswa kelas X Ak SMK BM Sinar Husni Helvetia T.P 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMK BM Sinar Husni Helvetia. Subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X Ak 1 SMK BM Sinar Husni Helvetia T.P 2016/2017 yang berjumlah 35 orang siswa. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Persentase Perolehan Hasil (PPH) secara individual maupun kelas untuk melihat peningkatan kreativitas belajar siswa dan Ketuntasan Belajar secara individual maupun Klasikal untuk melihat hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data kreativitas belajar siswa mengalami peningkatan 20% , yaitu 62,85% (“cukup kreatif”) di Siklus I dan 82,85% (“kreatif”) di Siklus II dengan begitu hipotesis I dapat diterima. Perolehan hasil belajar siswa yaitu Pretest hanya 28,57% siswa yang tuntas (10 siswa) dengan nilai rata-rata 51,74, pada Siklus I meningkat 34,28% menjadi 71,43% siswa yang tuntas (22 siswa) dengan nilai rata-rata 74,88, pada Siklus II meningkat 25,72% menjadi 88,57% siswa yang tuntas (31 siswa) dan telah memenuhi ketuntasan secara klasikal 85% dengan begitu hipotesis II dapat diterima. Dapat disimpulkan kreativitas dan hasil belajar akuntansi mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study pada siswa kelas X Ak SMK BM Sinar Husni Helvetia T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 061 |
Keywords: | Model pembelajaran problem based berbasis lesson study; Kreativitas belajar; Hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 14:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25629 |