Rambe, Nur Asia (2017) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL GOWOKAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELANGI BAYANGKARA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
03. ABSTRAK NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
05. DAFTAR ISI NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. DAFTAR LAMPIRAN NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR GAMBAR NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. BAB I NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. BAB V NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA NUR ASIA RAMBE NIM 1133113019.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah kurangnya perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional gowokan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Bayangkara T.A. 2016/2017. Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B TK Pelangi Bayangkara. Penentuan sampel dilakukan secara acak (random) dengan memberikan kertas pada ketiga kelas yaitu B1, B2 dan B3, lalu dimasukkan kedalam gelas wadah dan dikocok, kemudian diambil secara acak yang terambil pertama yakni kelas eksprimen, dan yang terambil kedua yakni kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen8,23 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 7, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7,29 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 6. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,48 >1,699 pada taraf α = 0.05. Ho ditolak dan Ha diterima
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional gowokan dapat mempengaruhi perkembangan sosialemosional anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Bayangkara T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 045 |
Keywords: | Permainan Tradisional Gowokan; Perkembangan Sosial Emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 14:58 |
Last Modified: | 14 Aug 2017 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25618 |