Gurning, Winda Lestari (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133141120 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 7133141120 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM.7133141120 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4. NIM 7133141120 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 7133141120 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM 7133141120 TABLES.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
7. NIM 7133141120 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 7133141120 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
9. NIM 7133141120 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
13. NIM 7133141120 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
14. NIM 7133141120 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Model Pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif mulai dari merencanakan topik-topik yang akan dipelajari, bagaimana melaksanakan investigasinya, hingga melakukan persentase kelompok dan evaluasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 MedanTahun Ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan yang beralamat di Jalan Karangsari No. 435 Medan Polonia, Sumatera Utara. Penelitian dilakukan pada semester II (genap) Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS SMA Negeri 2 Medan yang berjumlah 107 orang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini kelas X-IPS 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IPS 2 berjumlah 36 orang sebagai kelas Kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik purpose sampling. Data penelitian ini dikumpul dengan menggunakan Observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Uji Instrumen dilakukan melalaui uji Validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment, Uji Reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson (KR-20), tingkat kesukaran tes dan daya pembeda. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan uji t pada taraf kepercayaan signifikan 95% atau alpha 5 %. Teknik analisis data yang dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians, dan standart deviasi. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas setelah itu melakukan pengujan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa pada materi koperasi yang diajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation diperoleh rata-rata 83,3 ± 6,9636 (x ̅ ±SD) signifikan lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achivement Divisions diperoleh 80 ± 6,7443 (x ̅ ±SD). Hasil perhitungan hipotesis menujukkan thitung > ttabel yakni diperoleh harga thitung¬= > ttabel = 1,668. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2015/2016 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 027 |
Keywords: | Group Investigation; Stad; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 14:58 |
Last Modified: | 14 Aug 2017 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25617 |