Yuneilin, Wenly (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA SWASTA ANGKASA LANUD SOEWONDO MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.7133141119 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2.7133141119 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3.7133141119 Preface.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. 7133141119 Abstrack.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5.7133141119 Table Of Content.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6.7133141119 Tables.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 7133141119 Appendices.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. 7133141119 Chapter I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
12. 7133141119 Chapter V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
13. 7133141119 Bibliography.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Angkasa LANUD Soewondo Medan Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Angkasa LANUD Soewondo Medan yang beralamat di Jalan Polonia Ujung No.99 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas X tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 90 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X- 1 dan X-2 yang masing-masing berjumlah 31 orang yang diambil dengan acak sederhana(simple random sampling). Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes hasil belajar yang berjumlah 20 soal, yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soalnya. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data dengan sebelumnya dihitung terlebih dahulu nilai rata-rata, standar deviasi, dan varians dari kedua kelas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada saat pretes pada kelas eksperimen (X ̅= 42,58 dan S = 11,24) dan untuk kelas kontrol (X ̅= 42,74 dan S = 9,81) dan pada saat postes kelas eksperimen memiliki hasil belajar (X ̅= 77,74 dan S = 7,39) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran ceramah(X ̅= 68,67 dan S = 9,37). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dan dk (n1 +n2) – 2 diperoleh thitung > ttabel (3,635 > 1,67), maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan penggunaan media audio visual lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah tanpa penggunaan media pembelajaran di SMA Swasta Angkasa LANUD Soewondo Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 026 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Media Audio Visual; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 14:58 |
Last Modified: | 14 Aug 2017 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25616 |