Arhami, Rina (2017) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133331008 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 3133331008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
3. NIM. 3133331008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 3133331008 AUTHENTIC LETTER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
5. NIM. 3133331008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM. 3133331008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 3133331008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 3133331008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 3133331008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
10. NIM. 3133331008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
15. NIM. 3133331008 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
16. NIM. 3133331008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar kelas XI IPS pada materi pembelajaran yang dianggap sulit oleh guru geografi di SMA Negeri 1 Hamparan Perak (2) Kesulitan guru dalam pembelajaran geografi khususnya dalam menyampaikan materi pembelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Hamparan Perak (3) Upaya guru geografi untuk mengatasi kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Hamparan Perak TP. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Hamparan Perak sebanyak 1 orang dan seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Hamparan Perak dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 111 orang. Mengingat jumlah populasi kecil, maka populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa kelas XI IPS mengalami kesulitan pada materi pembelajaran yang juga dianggap sulit oleh guru geografi yaitu materi antroposfer. Hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa terkait dengan materi tersebut. Dimana pada kelas XI IPS 1 sebanyak 71% tidak tuntas (merasa sulit) dan termasuk dalam kategori cukup sulit. Kelas XI IPS 2 sebanyak 77% tidak tuntas (merasa sulit), termasuk dalam kategori cukup sulit. Kelas XI IPS 3 sebanyak 82% tidak tuntas (merasa sulit), termasuk dalam kategori sangat sulit (2) Kesulitan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran geografi terdapat pada SK 1 “Menganalisis Fenomena Biosfer dan Antroposfer”, dengan KD 1.3 “Menjelaskan Pengertian Fenomena Antroposfer, 1.4 “Menganalisis Aspek Kependudukan“, materi Kuantitas Penduduk dan Aspek Kependudukan. Penyebab kesulitan tersebut karena (a) Kurangnya fasilitas dan media pembelajaran yang tersedia di sekolah (b) Kurangnya ketersediaan buku pelajaran dan juga buku yang digunakan sebagai sumber belajar memiliki isi yang kurang lengkap (c) Guru mengalami kesulitan dalam penggunaan waktu yang telah ditetapkan untuk menjelaskan materi. (3) Upaya yang dilakukan guru geografi untuk mengatasi kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran geografi yaitu dengan melakukan penugasan baik secara individu maupun secara kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 045 |
Keywords: | Kesulitan Guru; Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 14:58 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25615 |