Kurnia (2017) PENGARUH KEMAMPUAN TUTOR MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PAKET C TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT KESUMA BANGSA KECAMATAN KUALUH HILIR. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER KURNIA NIM 1132171009.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN KURNIA NIM 1132171009.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
03. ABSTRAK KURNIA NIM 1132171009.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR KURNIA NIM 1132171009.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
05. DAFTAR ISI KURNIA NIM 1132171009.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL KURNIA NIM 1132171009.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. DAFTAR LAMPIRAN KURNIA 1132171009.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. BAB I KURNIA NIM 1132171009.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
12. BAB V KURNIA NIM 1132171009.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA kurnia nim 1132171009.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kemampuan tutor melaksanakan pembelajaran kurang efekitf dan inovatif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik sehingga kemampuan tutor sangat berpengaruh terhadap meningkat atau menurunnya hasil yang diperoleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan tutor melaksanakan pembelajaran paket c terhadap prestasi belajar peserta didik di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Kesuma Bangsa kecamatan kualuh hilir.
Menurut Corey (1986) konsep pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi khusus atau atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu. Sedangkan menurut Arikunto. (2009:276) menyebutkan prestasi belajar harus mencerminkan tingkatan-tingkatan siswa sejauh mana telah mencapai tujuan yang di tetapkan setiap bidang study.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik Kecamatan Kualuh Hilir. Alat yang digunakan pada teknik pengumpulan data adalah angket, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan uji t.
Berdasarkan pengolahan data dengan regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi linier adalah Ŷ = 66,98 + 1,435X. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai > yaitu 2,937 > 0,435. Artinya terdapat pengaruh antara kemampuan tutor terhadap prestasi belajar peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar di kecamatan kualuh hilir. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik kemampuan tutor dalam melaksanakan pembelajaran maka semakin baik pula prestasi belajar peserta didik pada pusat kegiatan belajar masyarakat.Kemampuan tutor melaksanakan pembelajaran memberikan pengaruh untuk meningkatkan prestasi dan mempertahankan prestasi belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 050 |
Keywords: | KEMAMPUAN TUTOR, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > L899 School fairs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:37 |
Last Modified: | 15 Aug 2017 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25609 |