PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS BERBANTUAN MEDIA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA PADA SISWA KELAS VIII SMP DARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN

Geniung Yan, Pratidina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS BERBANTUAN MEDIA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA PADA SISWA KELAS VIII SMP DARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123141010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123141010 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123141010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123141010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123141010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123141010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123141010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123141010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123141010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123141010 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123141010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123141010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123141010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123141010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123141010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123141010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123141010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123141010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran prakarya menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media LKS pada siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan .2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran prakarya menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsel pairs berbantuan media LKS pada siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Practice Rehearsel Pairs berbantuan media LKS terhadap hasil belajar prakarya siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan, Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak dua kelas yaitu Kelas VIII-C yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-D yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dengan jumlah keseluruhan 61 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu pemilihan sekelompok subyek didasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya, dan di dasari atas informasi yang mendahului tentang keadaan populasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar pembuatan tempat pinsil dari limbah anorganik dengan menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs berbantuan media LKS pada siswa kelas VIII-C SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan cenderung tinggi yaitu 30 siswa ( 100 % ), dengan skor rata-rata 30,4 dan simpangan baku 30,5 dengan skor tertinggi 36 dan nilai terendah 27. Sedangkan Hasil belajar pembuatan tempat pinsil dari limbah anorganik tanpa menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs berbantuan media LKS pada siswa kelas VIII-C SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan cenderung tinggi yaitu 12 siswa ( 38,7 % ) , dengan skor rata-rata 22,4 dan standar deviasi 23 dengan skor tertinggi 32 dan nilai terendah 17. Dan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar pembuatan tempat pinsil dari limbah anorganik dengan menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs berbantuan media LKS pada siswa kelas VIII-C SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan dimana nilai thitung > ttabel atau 3,9 > 1,67,. Nilai rata-rata hasil belajar pembuatan tempat pinsil dari limbah anorganik dengan menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs berbantuan media LKS lebih tinggi daripada hasil belajar pembuatan pembuatan tempat pinsil dari limbah anorganik tanpa menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs berbantuan media LKS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BSN 023
Keywords: penggunaan model pembelajaran practice rehearsal pairs berbantuan media lks; tempat pinsil dari limbah anorganik siswa kelas VIII SMP Dharma Patra pangkalan Berandan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 10:11
Last Modified: 11 Aug 2017 07:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25574

Actions (login required)

View Item
View Item