Jhemiyanta, Ezra (2007) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA. Masters thesis, UNIMED.
NIM 450700003 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM 450700003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM 450700003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
NIM 450700003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
NIM 450700003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM 450700003 BAB I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
NIM 450700003 BAB V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
NIM 450700003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah basil belajar kimia siswa yang diajar yang menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dad pada hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional (pembelajaran biasa). (2) Untuk mengetahui apakah basil belajar kimia siswa yang memiliki gaya belajar kinestika lebih tinggi dan pada siswa yang memiliki gaya belajar auditori. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap basil belajar pada mata pelajaran kitnia.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 15 dan SMA Negeri 17 Medan Propinsi Sumatera Utara, dimana SMA Negeri 15 Medan sebagai kelas perlakuan I dan SMA Negeri 17 sebagai kelas perlakuan II. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan disain faktorial 2 x 2 dan sampel berjurnlah 160 orang.lnstrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kimia dalam penelitian ini menggunakan tes berbentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban. Untuk menjaring gaya belajar siswa digunakan tes Baku yang yang sudah ada, tes hasil belajar kimia berjumlah 50 butir yang reliabilitas r = 0,94. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur. Karena rata-rata sampel untuk setiap sel anava dalam penelitian ini tidak sama, maka dilanjutkan dengan uji Scheffe pada signifikansi (5 %).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model konvensional. (2) Ada perbedaan hasil belajar kimia antara kelompok siswa yang memiliki gaya belajar Kiniestika dengan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar Auditori. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap basil belajar kimia. Dalam hal ini: (a) Terdapat perbedaan rata-rata hash belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan konvensional, (b) Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa model pembelajaran inkuiri dengan gaya belajar kinestika dengan hasil belajar siswa model konvensional, (c) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar siswa.Hasil penelitian ini patut diimplementasikan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Ezr e |
Keywords: | pembelajaran kimia; strategi belajar; metode belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 05:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2557 |