Wily Hardiman, Simanjuntak (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN ( MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103311040 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 5103311040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3. NIM 5103311040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 5103311040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 5103311040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6. NIM 5103311040 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM 5103311040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 5103311040 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM 5103311040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM 5103311040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM 5103311040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran
mind mapping memberikan pengaruh yang berbeda dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional dan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping
memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional pada siswa
kelas X SMK Negeri 2 Siatas Barita semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah
30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Prosedur perlakuan dikemas ke dalam RPP.
Dimana perlakuan pada kelas eksperimen KBB-1 menggunakan model pembelajaran mind
mapping sedangkan pada kels kontrol KBB-2 menggunakan pembelajaran konvensional
materi mempelajari jenis-jenis kayu, sifat dan karateristik sebagai bahan bangunan. Untuk
memproleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan tes objektif
sebanyak 30 soal, yang mana sebelumnya tes ini ada 40 soal, akan tetapi setelah diujicobakan
pada kelas XI di luar sampel penelitian untuk melihat kesahian tes, terdapat 30 soal yang
memenuhi analisis instrument tes dengan reliabilitas soal sebesar 0,9308. Berdasarkan hasil
uji yang telah dilakukan, diketahui bahwa data pre-tes dan post-tes dari kedua sampel
berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen).
Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) penggunaan model mind mapping memberikan
pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar ilmu bahan bangunan pada siswa kelas X
Progran Keahlian Kontruksi Batu Beton di SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran
2016/2017 dimana berdasarkan hasil pengujian hipotesis anava satu jalan untuk post-tes
Fhitung = 50,948 > Ftabel = 4,008, 2) penggunaan model pembelajaran mind mapping
memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensioanal,
yang dilanjutkan ke uji-t diperoleh thitung = 7,138> ttabel = 1,689.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 036 |
Keywords: | MIND MAPPING, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NA Architecture > NA100 Architecture and the state |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:06 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25565 |