M. Rizki, Ardiansyah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KENDFARAAN RINGAN (TKR I) SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5101121010 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 5101121010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. NIM 5101121010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM 5101121010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM 5101121010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
6. NIM 5101121010 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM 101121010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 5101121010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM 5101121010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM 101121010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan
aktivitas siswa pada mata diklat pengelasan kelas XI program keahlian teknik
kendaraan ringan (TKR I) SMK Negeri 2 panyabungan T.A. 2016/2017. Metode
penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang
terdiri dari 40 siswa, objek dalam penelitian ini adalah proses belajar mengajar
menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses mata diklat pengelasan.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan post tes
siklus I yang berbentuk tes mata diklat pengelasan. Setelah siklus I dilaksanakan
maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 40 orang siswa terdapat 27
siswa yang telah lulus yaitu sebesar 67,50% dengan nilai rata-rata 75.925. Ini
berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih
perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti
melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya post tes siklus II yang sama
perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh
peningkatan hasil belajar siswa dari 40 orang siswa terdapat 35 siswa yang telah
lulus yaitu sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata 80.625. Ini berarti ketuntasan
belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Melalui
penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat pengelasan di SMK Negeri 2
Panyabungan tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 068 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:58 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25557 |