Syam, Junita Irdayanti (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DAN ELEKTROKIMIA UNTUK SISWA SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131026 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 4131131026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
3. NIM. 4131131026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 4131131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 4131131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
6. NIM. 4131131026 TABLES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM. 4131131026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM. 4131131026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 4131131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 4131131026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
14 NIM. 4131131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai islami pada pokok bahasan sifat koligatif larutan dan elektrokimia bertujuan untuk mengetahui (1) ada atau tidaknya nilai-nilai islam dalam materi ajar pada buku kimia SMA/MA, (2) kualitas modul berdasarkan kriteria BSNP, (3) respon guru dan mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R and D) yang meliputi tiga tahapan yaitu (1) tahap analisis, (2) tahap rancangan, (3) tahap pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen kimia, mahasiswa jurusan kimia UNIMED, dan seluruh guru kimia sekota Medan. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 3 dosen kimia UNIMED yang dipilih secara purposive sampling, 15 mahasiswa jurusan kimia UNIMED yang terdiri dari mahasiswa perstambuknya (2014, 2015, 2016) yang dipilih secara acak, 3 guru kimia yang masing-masing dari SMAN 21 Medan, SMAN 13 Medan, dan SMA Swasta An-Nizam yang dipilih secara purvosive sampling dan semua itu dengn syarat beragama islam dan menguasai kimia. Instrument yang digunakan adalah angket analisis nilai-nilai islami pada modul yang dikembangkan, angket penilaian modul berdasarkan BSNP, dan angket penilaian terhadap respon guru dan mahasiswa terhadap modul. Hasil yang diperoleh adalah: (1) belum terdapat nilai-nilai islami terhadap buku teks kimia yang dapat dilihat dari daftar tilik, hal ini termasuk kategori kurang layak sedangkan penelitian terhadap modul yang dikembangkan memiliki skor rata-rata 3,63, termasuk kategori layak dan tidak perlu revisi, (2) penilaian kelayakan modul berdasarkan criteria BSNP memiliki skor rata-rata 3,45, yang berarti layak dan tidak perlu revisi, (3) respon guru dan mahasiswa terhadap modul memiliki skor rata-rata 3,58, termasuk kategori layak dan mendapat pandangan yang positif (dengan skala 4,00)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 032 |
Keywords: | Modul Pembelajaran; Nilai-nilai islami; BNSP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:53 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25543 |