STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMK WIKRAMA BOGOR

Yuniar (2006) STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMK WIKRAMA BOGOR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 055030512 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 055030512 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[thumbnail of 2. 055030512 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 055030512 Abstrak.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 3. 055030512 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 055030512 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 4. 055030512 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 055030512 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 055030512 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 055030512 Bab V.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 6. 055030512 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 055030512 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi implementasi kurikulum dalam manajemen berbasis sekolah pada SMK Wikrama Bogor Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyusunan program pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, perillaian basil belajar, administrasi dan pelaporan basil belajar pada SMK. Wikrama Bogor.Penelitian ini mertcoba memusatkan kajian kepada model manajemen berbasis sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum dengan menganalisa strategi pelaksanaannya.Melalui metode penelitian kualitatif, dengan peneliti sebagai human instrument ditemukan beberapa simpulan sebagai berikutStrategi implementasi kurikulum dalam manajemen berbasis sekolah pada SMK Wikrama Bogor telah menunjukkan pelaksanaan yang optimal, walaupun masih ditemukan adanya kelemahan-kelemahan pada : pertama, pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan dilaksanakan di kantin sekolah, hal ini memberi kesan ruang belajar untuk menampung peserta didik kurang memadai, kedua sistim belajar dengan moving class, membatasi jumlah peserta didik yang masuk pada SMK Wikrama bogor, ketiga, verifikasi internal pada penilaian hasil belajar dilaksanakan langsung oleh kepala sekolah, yang berimplikasi guru merasa kurang dipercaya dalam memberikan nilai kepada peserta didik, kempat, kepala sekolah twat menanda tartgani sertifikat keahlian atau sertifikat kompetensi, idealnya sertifikat ditanda tangani seutuhnya oleh assosiasi profesi, dunia usaha dan dunia industri, atau lembaga sertifikasi.Dart simpulan di atas dikemukakan beberapa rekomendasi yang penting sebagai berikut : pertama, agar SMK Wikrama Bogor menambah ruang belajar, khususnya untuk pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dengan karakteristik kompetensi kewirausa haan, sebagaimana ruang belajar kompetensi lainnya, kedua, dalam melakukan verifikasi internal terhadap nilai yang diberikan guru kepada peserta didik, kepala sekolah hendaknya dibantu oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum atau ketua program keahlian, untuk meningkatkan akuntabilitas dan keabsahan nilai yang diberikan guru, ketiga meningkatkan pelaksanaan pendidikan sistim gawk (PSG), untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi peserta didik dart lembaga yang berwenang,

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.234 Yun s
Keywords: Pembelajaran; Kompetensi; Hasil belajar; Administrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 Jun 2016 05:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item
View Item