Fifi, Andriani (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311055_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1133311055_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM. 1133311055_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 1133311055_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 1133311055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 1133311055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1133311055_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133311055_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1133311055_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1133311055_BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM. 1133311055_BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 1133311055_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiement. Penelitian ini
dilaksanakan di SD Negeri No.101771 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negri 101771
Tembung yang berjumlah 48 siswa, yang terbagi atas 24 siswa kelas V-A dan 24
siswa kelas V-B. Sampel dalam penelitian ini yaitu dengan cara teknik purposive
sampling mengambil subjek bukan berdasarkan atas strata, random, atau daerah
tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu, yaitu dengan kelas V-A sebagai
kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol.
Sebelum penelitian dilakukan maka peneliti melakukan uji validitas,
reabilitas, dan taraf kesukaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai ratarata
pre test siswa pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan dengan
menggunakan Pendekatan Saintifik sebesar 33,54 dan di kelas control diperoleh
nilai rata-rata pre test siswa sebesar 32,08 dan hasil belajar siswa setelah diberi
perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik sebesar 76,04 dan di kelas
kontrol diperoleh nilai rata-rata 71,66. Dari analisis data dapat dilihat bahwa
peningkatan pada kelas eksperimen mencapai 76% dan pada kelas kontrol terjadi
peningkatan 70%.
Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA. Dengan demikian
hipotesis berbunyi : “ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan pendekatan
saintifik terhadap hasil belajar IPA Kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.A
2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 229 |
Keywords: | SAINTIFIK, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:49 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25520 |