Martianna (2007) HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN MANAJEMEN SEKOLAH DAN PEMBINAAN GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KECAMATAN MEDAN PETISAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 035030379 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
2. 035030379 Abstrak.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. 035030379 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
4. 035030379 Bab I.pdf - Published Version
Download (715kB) | Preview
5. 035030379 Bab V.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
6. 035030379 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) hubungan pelaksanaan manajemen sekolah oleh kepala sekolah dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran, (2) hubungan pembinaan guru oleh kepala sekolah dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran, dan (3) hubungan antara pelaksanaan manajemen kepala sekolah dengan pembinaan guru oleh kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Medan Petisah Kota Medan.Populasi penelitian ini adalah semua guru SD Negeri di Kecamatan Medan Petisah yang berjumlah sebanyak 140 orang dan tersebar di 15 SD Negeri. Untuk ini yang menjadi sampel penelitian diambil secara proporsional acak berstrata, yaitu dengan berdasarkan tingkat pendidikan guru yang terdiri atas sarjana dan non sarjana. Adapun sampel berjumlah 60 orang. Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan terhadap responden yang bukan sampel penelitian, yakni guru-guru yang berada di Kecamatan Medan Petisah sebanyak 30 orangMetode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara pelaksanaan manajemen sekolah oleh kepala sekolah dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran denga koefisien korelasi sebesar 0,61 dengan persamaan regresi Y = 15,44 + 0,41X1; (2) terdapat hubungan antara pembinaan guru oleh kepala sekolah dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran dengan koefisien korelasi sebesar 0,63 dengan persamaan regresi Y = -4,82 + 0,61X2; (3) terdapat hubungan antara pelaksanaan manajemen sekolah dan pembinaan guru oleh kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,53. dengan persamaan regresi Y = 19,57 + 0,17X1 + 0,22X2.Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen sekolah dan pembinaan guru oleh kepala sekolah memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Dengan demikian disarankan kepada para pengambil kebijakan bahwasanya untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah dalam mengelola pembelajaran, komponen yang mesti dilibatkan oleh para kepala sekolah adalah pelaksanaan manajemen dan pembinaan guru oleh kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.068 Mar h |
Keywords: | Kinerja; Guru; Manajemen sekolah; Kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2016 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2552 |