Erliana, Harahap (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPTENSI PEDAGOGIK GURU TK DI KECAMATAN RANTAU UTARA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133113009_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1133113009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM. 1133113009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM. 1133113009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 1133113009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
6. NIM. 1133113009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM. 1133113009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
8. NIM. 1133113009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM. 1133113009_BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM. 1133113009_BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM. 1133113009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah Kurangnya
pemahaman guru terhadap kompetensi pedagogik, Jenjang pendidikan guru TK
yang masih lulusan SMA/Sederajat, Kurangnya kepemimpinan kepala sekolah
dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru TK. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi
pedagogik guru TK.
Kompetensi pedagogik guru merupakan suatu kompetensi atau
kemampuan yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi ini memiliki peranan
yang penting terhadap kegiatan pelaksanaan belajar mengajar di sekolah. Dengan
memiliki kemampuan atau kompetensi ini dapat menghasilkan kinerja yang baik
terhadap perkembangan anak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi
kompetensi pedagogik guru yaitu kepala sekolah, dimana kepala sekolah harus
memiliki kemampuan kepemimpinan.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah guru TK di Kecamatan Rantau Utara, yang berjumlah sebanyak 40 orang
yang terdiri dari 10 kepala sekolah dan 30 guru. Teknik pengujian dilakukan uji
persyaratan yaitu uji normalitas, dan homongenitas. Variabel kepemimpinan
kepala sekolah dengan nilai Ltabel < Lhitung (0,1413 < 0,28) pada taraf signifikan
0,05 dapat disimpulkan bahwa berdistribusi normal dan variabel kompetensi
pedagogik berdistribusi normal karena nilai Ltabel < Lhitung (0,1174 < 0,161). F,
maka Fhitung = 1,538 kemudian dibandingkan dengan Ftabel = 1,75 pada taraf
signifikan α = 0,05 dengan demikian jika Fhitung < Ftabel (1,538 < 1,75) maka dapat
disimpulkan bahwa data homogen thitung > ttabel (2,229>2,042) maka Ho ditolak dan
Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan
karena pengaruh kepemimpinan kepala sekolah TK terhadap kompetensi
pedagogik guru TK di Kecamatan Rantau Utara T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 065 |
Keywords: | KEPEMIMPINAN, KEPALA SEKOLAH, PEDAGOGIK GURU |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712 Developmental psychology H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25519 |