PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATANIAGA FE UNIMED TAHUN AJARAN 2013-2014

Enggal, Prakarsa (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATANIAGA FE UNIMED TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1_COVER.PDF]
Preview
Other
1_COVER.PDF - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2_APPROV.PDF]
Preview
Other
2_APPROV.PDF - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_ABSTRA.PDF]
Preview
Other
3_ABSTRA.PDF - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4_FREFAC.PDF]
Preview
Other
4_FREFAC.PDF - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 5_TABLE_.PDF]
Preview
Other
5_TABLE_.PDF - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6_CHAPTE.PDF]
Preview
Other
6_CHAPTE.PDF - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 10_CHAPT.PDF]
Preview
Other
10_CHAPT.PDF - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 11_BIBLI.PDF]
Preview
Other
11_BIBLI.PDF - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan
minat terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Program studi Pendidikan Tata
Niaga UNIMED Tahun stambuk 2013-2014. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan angket. Uji instrumen penelitian ini
adalah uji validitas angket dengan menggunakan rumus product Moment Pearson, dan uji
reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang
dipergunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F.
Hasil perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS 22 for windows
diperoleh Y= 7,257 +0,467 X1+0,426 X2 Penjelasan persamaan tersebut sebagai berikut
Y=7,257+0,467X1+0,426X2. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa secara parsial kecerdasan
emosional memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa
dimana nilai thitung> ttabel yaitu 11,587>2,024 dengan nilai sig α 0,000<0,05 dan minat belajar
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dimana nilai
thitung> ttabel yaitu 11,627>2,024 dengan nilai sig α 0,000<0,05. Hasil yang diperoleh dari uji F
menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional dan perilaku belajar secara simultan
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada taraf
signifikan 95% dimana nilai Fhitung sebesar 217,689 dengan nilai signifikan α 0,000<0,05.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa secara parsial dan
simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 NIAGA 049
Keywords: KECERDASAN EMOSIONAL;NINAT BELAJAR; DAN PRESTASI BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General) > L111 Official documents, reports, etc.
L Education > LA History of education > LA173 Higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:38
Last Modified: 11 Aug 2017 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25510

Actions (login required)

View Item
View Item