Elinna, Purba (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEWARNAAN RAMBUT SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123144009 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
3. NIM. 5123144009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 5123144009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 5123144009 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. NIM. 5123144009 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5123144009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 5123144009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. NIM. 5123144009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
13. NIM. 5123144009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 5123144009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pewarnaan Rambut Pada Siswa Kelas XI Tata Kecantikan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model Koperatif Tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 35 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin pada tanggal 02Februari 2017 diperoleh 35 soal yang valid dari 40 soal, indeks kesukaran tes diperoleh 30 soal sedang dan 4 soal mudah, daya beda 4 soal jelek, 16 soal cukup, dan 15 soal baik, uji realibilitas tes diperoleh 0,91 (sangat tinggi). Adapun lembar observasi bertujuan untuk melihat aktivitas siswa dalam penelitian ini yang terdiri dari dua orang observer yaitu guru dan dibantu dengan peneliti.
Penelitian ini dibantu oleh dua oarang rekan peneliti, rata –rata nilai kelas siklus pertama adalah 74 (22 orang yang tuntas dari 35 orang siswa. Pada siklus ke dua meningkat sebesar 87 (33 orang yang tuntas dari 35 siswa). Rata rata peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari hasil postest sebesar 34 %. Aktivitas siswa pada siklus I terdapat (8 orang yang aktif dari 35 siswa) sebesar 29 % dikategorikan cukup aktif dikelas. Pada siklus ke II terdapat(13 orang siswa yang aktif dari 35 siswa) sebesar 37% dikategorikan aktif dikelas.
Adapun tahapan penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan reffleksi (reflecting). Model pembelajaran yang digunakan ialah model kooperatif tipe think pair share sebanyak dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar pewarnaan rambut pada siswa kelas XI tata kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 055 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:25 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25495 |