Bincar, Nababan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik Pada siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas siswa X TIPTL semester genap SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X TIPTL A sebagai kelas Kontrol dengan jumlah sebanyak 36 siswa dan X TIPTL B sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah sebanyak 36 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda (4 pilihan) sebanyak 35 soal.
Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik. Nilai rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 83,25 dan kelas kontrol sebesar 76,194. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05 diperoleh kelas ekperimen Lhitung<Ltabel = 0,0885<0,147 dan kelas kontrol 0,1368<0,147 maka data berdistribusi normal. Dan uji homogenitas Fhitung (Varian Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol)<Ftabel =1,192< 1,76 maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan model pembelajaran konvensional, dilihat dari thitung3,353> ttabel1,667 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima. Data tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik Siswa Kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 046 |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:23 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25492 |