Miswari Fathurrahman, Nasution (2017) PENGGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS ANGKASA LANUD SOEWONDO MEDAN TAHUN PELAJRAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341069 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 7123341069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
3. NIM. 7123341069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. NIM. 7123341069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. NIM. 7123341069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
6. NIM. 7123341069 TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM 7123341069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 7123341069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
12. NIM. 7123341069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
13. NIM. 7123341069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Pemasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar
ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan sumber belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi
belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Angkasa Lanud Soewondo Medan T.P.
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Lanud Soewondo Medan Kelas XI IPS
yang terletak di Jl. Polonia Ujung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI IPS SMA Angkasa Lanud Soewondo Medan yang terdiri dari 2
kelas dengan jumlah siswa 36 orang, dimana kelas XI IPS 1 berjumlah 18 orang
dan kelas XI IPS 2 berjumlah 18 orang dengan jumlah sampel seluruh siswa kelas
XI IPS. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik
yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan
angket (kuesioner).
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20,0
diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 14,283 + 0,486X1 + 0,325X2 +
e, selanjutnya ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan sumber belajar
terhadap prestasi belajar ekonomi berdasarkan uji hipotesis secara parsial
diperoleh nilai t- hitung> t-tabel yaitu 8,008 > 1,692 dan ada pengaruh positif dan
signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi berdasarkan uji
hipotesis secara parsial diperoleh nilai t-hitung> t-tabel yaitu 5,604 > 1,692.
Kemudian, ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan sumber belajar dan
kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi berdasarkan uji hipotesis
secara simultan diperoleh nilai F-hitung> F-tabel yaitu 39,537 > 3,29.
Sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel penggunaan sumber belajar
(X1) dan variabel Kemandirian belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y)
adalah sebesar 70,6 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 095 |
Keywords: | PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:19 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25487 |