Imma, sari (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) DI SEKOLAH MENEGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1__NIM_4.PDF - Published Version
Download (57kB) | Preview
2__NIM_4.PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview
3__NIM_4.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
4__NIM_4.PDF - Published Version
Download (62kB) | Preview
5__NIM_4.PDF - Published Version
Download (137kB) | Preview
6__NIM_4.PDF - Published Version
Download (58kB) | Preview
7__NIM_4.PDF - Published Version
Download (32kB) | Preview
8__NIM_4.PDF - Published Version
Download (58kB) | Preview
9__NIM_4.PDF - Published Version
Download (226kB) | Preview
13__NIM_.PDF - Published Version
Download (59kB) | Preview
14__NIM_.PDF - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi kelarutan
dan hasil kali kelarutan (Ksp) pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi
kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ; 2) bahan ajar yang
dikembangkan memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ;
3) implementasi bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) ; 4) hasil belajar
siswa yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing lebih besar
dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan buku kimia SMA kelas XI yang
biasa digunakan di sekolah. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA
Swasta Dharmawangsa Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XI MIA yang
terdiri dari 9 (sembilan) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random
sampling dengan mengambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan
(Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan ajar pada
materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) pada buku yang digunakan di
SMA/MA sudah memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak
perlu revisi ; (2) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data
yang diperoleh yaitu kelayakan isi = 3,56 ; kelayakan bahasa = 3,44 ; kelayakan
penyajian = 3,69 ; kelayakan kegrafikaan = 3,62 dengan kriteria valid dan tidak
perlu revisi ; (3) implementasi bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp)
sebesar 73 %; (4) nilai rata – rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing diperoleh sebesar 75,36 dan hasil belajar
siswa yang diajar menggunakan buku kimia SMA kelas XI yang digunakan di
sekolah tersebut diperoleh sebesar 65,19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 091 |
Keywords: | Bahan Ajar ; BSNP ; Hasil Belajar ; Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing ; Research and Development |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:16 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25485 |