Christiolina, Vifi (2017) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR STRATEGI PEMASARAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141116. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7133141116. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. NIM. 7133141116. PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 7133141116. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 7133141116. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 7133141116. TABLES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
8. NIM. 7133141116. IILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7133141116. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 7133141116. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
14. NIM. 7133141116. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
15. NIM. 7133141116. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Make A Match dan Numbered Head Together terhadap aktivitas dan hasil belajar strategi pemasaran siswa kelas X SMK Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 103 siswa. Penentuan sampel dilakukan melalui teknik purposive sample. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X TN 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan kolaborasi model pembelajaran Make A Match dan Numbered Head Together dan X TN 3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan metode konvensional. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi siswa dan hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes soal pilihan ganda. Uji instrumen dilakukan melalui uji validitas untuk analisis butir soal menggunakan rumus Pearson Product Moment, uji reliabilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda tes. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan uji-t pada taraf kepercayaan signifikan 95% atau alpha 5%. Hasil penelitian menggunakan uji-t menunjukkan t_hitung > t_(tabel )yakni pada aktivitas belajar 3,120 > 1,999 dan pada hasil belajar 2,711 > 1,999. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kolaborasi model pembelajaran Make A Match dan Numbered Head Together terhadap aktivitas dan hasil belajar strategi pemasaran siswa kelas X SMK Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017 dapat diterima.