Arbain (2004) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN SEKOLAH DENGAN PRESTASI SEKOLAH PADA SMU NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 015030001 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
2. 015030001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3. 015030001 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
4. 015030001 Bab I.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
5. 015030001 Bab V.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
6. 015030001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Sekolah Dengan Prestasi Sekolah Pada SMU Negeri Kota Medan Pada T.P. 2002/2003. Hubungan setiap variabel dan subvariabel dikategorikan terhadap lima kategori (sangat rendah, rcndah, sedang, tinggi do sangat tinggi). Berdasarkan skor ideal terendah dan tertinggi Hipotesis yang diajukan adalah: pertama. Kepemimpinan Kepala Sekolah berhubungan secara positif dengan prestasi non akademik. kedua Kepemimpinan Kepala sekolah berhubungan secara positif dengan prestasi akademik, ketiga Kepemimpinan Kepala sekolah berhubungan secara positif prestasi akademik, keempat Kepemimpinan Kepala sekolah berhubungan secara positif prestasi non akademik.Populasi penelitian ini adalah seluruh Kepala Sekolah SMU negeri Kota Medan tahun Pelajaran 2002/2003. Jumlah sample sama dengan populasi, karena populasinya terbatas. Sedangkan untuk disiplin dan prestasi sekolah adalah bentuk angket. Validitas instrument diperoleh melalui validitas empiric yang diperkuat oleh Logika validity melalui analisis korelasi. Reliabilitas instrument menunjukkan koefisien alpha 0.9. data dianalisis dengan korelasi parsial pada taraf kepercayaan 95% atau α = 5 %.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah tergolong pada kategori sedang 64,7%, katefori tinggi 35,35%. Untuk kategori sangat tinggi, rendah dan sangat rendah masing - masing 0%. Kualitas disiplin sekolah tergolong pada kategori tinggi 58.8% sedang 41.2% untuk kategori sangat tinggi, rendah dan sangat rendah masing - masing 0%. Kualitas prestasi akademik tergolong pada kategori tinggi 47.0% sedang 35.3% kategori sangat tinggi 17.6%, rendah, dan sangat rendah masing - masing 0%. Kualitas prestasi non akademik tergolong pada kategori tinggi 82,3% sangat tinggi 11,7% rendah dan sangat rendah masing - masing 0%. Selanjutnya hasil korelasi parsial antara kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi akademik adalah tidak signifikan namun korelasi antara kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi ion akademik adalah signifikan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,776 probabilitas 0.000 tetapi korelasi antara disiplin sekolah dengan prestasi non akademik tidak signifikan.Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa, kepemimpinan kepala sekolah pada SMU Negeri di Kota Medan masih berada pada kategori sedang, disiplin sekolah pada kategori tinggi dan prestasi akademik maupun non akademik berada pada kategori tinggi. Disiplin sekolah dapat dijadikan sebagai predictor prestasi sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Arb h |
Keywords: | Kepala sekolah; Prestasi; Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2546 |