Zein, Adinda Nafisah (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERS (NHT) PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG KELAS VIII SMP PAHLAWAN NASIONAL T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4111511001 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4111511001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM. 4111511001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM. 4111511001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 4111511001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 4111511001 TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 4111511001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 4111511001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 4111511001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM. 4111511001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14.NIM. 4111511001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasieksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dan tipe NHT (Number Heads Togethers) pada pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun ruang di kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan T.A. 2016/2017 yang terdiri dari 13 kelas. Dari 13 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII12 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dan kelas VIII13 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Togethers), dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yaitu untuk melihat hasil belajar siswa.
Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 4,45 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 4,25. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I (TGT) diperoleh L0 (0,0796) < Ltabel (0,1477), dan data pre-test kelas eksperimen II (NHT) diperoleh L0 (0,115196) < Ltabel (0,1477). Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,115 < 1,875). Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 5,850 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 4,5. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I (TGT) diperoleh L0 (0,1276) < Ltabel (0,1477), dan data post-test kelas eksperimen II (NHT) diperoleh L0 (0,079551) < Ltabel (0,1477). Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,0376 < 1,875). Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > tabel yaitu 6,053 > 1,99834. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dan tipe NHT (Number Heads Togethers) pada pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun ruang di kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 116 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournaments); Kooperatif tipe NHT (number heads together) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:14 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25454 |