PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERS (NHT) PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG KELAS VIII SMP PAHLAWAN NASIONAL T.A. 2016/2017

Zein, Adinda Nafisah (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERS (NHT) PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG KELAS VIII SMP PAHLAWAN NASIONAL T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4111511001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4111511001 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4111511001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4111511001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4111511001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4111511001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4111511001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4111511001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4111511001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4111511001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4111511001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4111511001 TABLES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4111511001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4111511001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4111511001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4111511001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4111511001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4111511001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4111511001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4111511001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 4111511001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 4111511001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasieksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dan tipe NHT (Number Heads Togethers) pada pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun ruang di kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan T.A. 2016/2017 yang terdiri dari 13 kelas. Dari 13 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII12 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dan kelas VIII13 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Togethers), dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yaitu untuk melihat hasil belajar siswa.
Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 4,45 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 4,25. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I (TGT) diperoleh L0 (0,0796) < Ltabel (0,1477), dan data pre-test kelas eksperimen II (NHT) diperoleh L0 (0,115196) < Ltabel (0,1477). Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,115 < 1,875). Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 5,850 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 4,5. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I (TGT) diperoleh L0 (0,1276) < Ltabel (0,1477), dan data post-test kelas eksperimen II (NHT) diperoleh L0 (0,079551) < Ltabel (0,1477). Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,0376 < 1,875). Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > tabel yaitu 6,053 > 1,99834. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dan tipe NHT (Number Heads Togethers) pada pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun ruang di kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 116
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournaments); Kooperatif tipe NHT (number heads together)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2017 15:14
Last Modified: 10 Aug 2017 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25454

Actions (login required)

View Item
View Item