Simamora, Hertati Melina (2017) PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 5 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1._NIM_7131141043_COVER.PDF - Published Version
Download (118kB) | Preview
2.NIM_7131141043_LEMBAR_PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (502kB) | Preview
3.NIM_7131141043_KATA_PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (331kB) | Preview
4._NIM_7131141043_ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (342kB) | Preview
5._NIM_7131141043_DAFTAR_ISI.PDF - Published Version
Download (190kB) | Preview
6._NIM_7131141043_DAFTAR_TABEL.PDF - Published Version
Download (137kB) | Preview
7._NIM_7131141043_DAFTAR_GAMBAR.PDF - Published Version
Download (110kB) | Preview
8._NIM_7131141043_DAFTAR_LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (110kB) | Preview
9._NIM_7131141043_BAB_I.PDF - Published Version
Download (238kB) | Preview
13._NIM_7131141043_BAB_V..PDF - Published Version
Download (246kB) | Preview
14._NIM_7131141043_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan yang
beralamat di Jln. Cucak Rawa II No.3 P.Mandala Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan yang berjumlah 167 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan menggnakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji F) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variasi mengajar guru dan gaya belajar
siswa terhadap prestasi belajar diperoleh Y = 42,178 + 0,137X1 + 0,356X2. Hasil pengujian hipotesis pada variasi mengajar guru diperoleh thitung sebesar 2,937 sedangkan ttabel = 1,663 pada taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian thitung > ttabel atau 2,937>1,663 sehingga hipotesis diterima. Sedangkan Hasil pengujian hipotesis pada gaya belajar siswa diperoleh thitung sebesar 6,568 sedangkan ttabel = 1,663. Dengan demikian thitung > ttabel atau 6,568 > 1,663 sehingga hipotesis diterima. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung >Ftabel atau 72,311> 3,11. Koefisien determinasi diperoleh 0,644 yang menjelaskan pengaruh variabel variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa sebesar 64,4%.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 108 |
Keywords: | Variasi Mengajar Guru; Gaya Belajar Siswa; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25449 |