Masdalipa (2017) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
01 NIM.8156176014 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
02 NIM.8156176014 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
03 NIM.8156176014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
04 NIM 8156176014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
05 NIM.8156176014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
06 NIM.8156176014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
07 NIM.8156176014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
08 NIM.8156176014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09 NIM.8156176014 BAB I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13 NIM.8156176014 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14 NIM.8156176014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dan menganalisis kemampuan berpikir kritis fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini di ambil secara clus random sampling yaitu sebanyak 2 kelas yang berjumlah 68 siswa, kelas eksperimen yang terdiri dari 34 siswa diterapkan dengan model problem based learning berbantuan peta konsep dan kelas kontrol terdiri dari 34 siswa diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal dan instrumen berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Data yang dihasilkan dianalisis dengan uji t adalah pengujian hipotesis kemampuan pemecahan masalah adalah thitung > ttabel (3,036 > 1,988) maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan peta konsep lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dan hasil pengujian hipotesis kemampuan berpikir kritis adalah thitung > ttabel (3,204 > 1,988) maka dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan peta konsep lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Mas e |
Keywords: | Model problem based learning; Peta konsep; Kemampuan pemecahan masalah; Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 01:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25442 |