EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

Masdalipa (2017) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM.8156176014 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM.8156176014 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM.8156176014 PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
02 NIM.8156176014 PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM.8156176014 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03 NIM.8156176014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 8156176014 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04 NIM 8156176014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM.8156176014 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05 NIM.8156176014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM.8156176014 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06 NIM.8156176014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM.8156176014 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07 NIM.8156176014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM.8156176014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08 NIM.8156176014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM.8156176014 BAB I.pdf]
Preview
Text
09 NIM.8156176014 BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM.8156176014 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM.8156176014 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM.8156176014 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM.8156176014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dan menganalisis kemampuan berpikir kritis fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini di ambil secara clus random sampling yaitu sebanyak 2 kelas yang berjumlah 68 siswa, kelas eksperimen yang terdiri dari 34 siswa diterapkan dengan model problem based learning berbantuan peta konsep dan kelas kontrol terdiri dari 34 siswa diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal dan instrumen berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Data yang dihasilkan dianalisis dengan uji t adalah pengujian hipotesis kemampuan pemecahan masalah adalah thitung > ttabel (3,036 > 1,988) maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan peta konsep lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dan hasil pengujian hipotesis kemampuan berpikir kritis adalah thitung > ttabel (3,204 > 1,988) maka dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan peta konsep lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Mas e
Keywords: Model problem based learning; Peta konsep; Kemampuan pemecahan masalah; Berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2017 15:13
Last Modified: 10 Aug 2017 01:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25442

Actions (login required)

View Item
View Item