Hidayat, Wahyu (2017) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN PAIKEM DI KELAS IV SD SWASTA ICHWANUSSHAFA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111025_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1132111025_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. NIM. 1132111025_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 1132111025_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1132111025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM. 1132111025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1132111025_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1132111025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1132111025_BAB I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM. 1132111025_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1132111025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SD Swata Ichwanusshafa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Swata Ichwanusshafa Medan pada materi pokok globalisasi dengan menggunakan pendekatan PAIKEM. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang, yang terdiri dari 7 orang laki-laki, dan 8 orang perempuan. Sementara objek penelitian ini adalah penggunaan pendekatan PAIKEM untuk meningkatkan minat belajar PKn dengan materi pokok globalisasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknis pengumpulan data adalah angket minat belajar siswa terhadap minat belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok globalisasi di kelas IV SD Swata Ichwanusshafa Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan PAIKEM dan berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa minat belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal tersebut dapat dilihat secara klasikal pada siklus I dengan skor rata-rata 40% meningkat menjadi 61% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya kaitan antara minat belajar dengan angket yang diberikan kepada 15 siswa dari siklus I sampai siklus II diperoleh pada siklus I diperoleh data bahwa 4 orang siswa yang minat belajarnya tergolong sangat rendah, 11 orang siswa yang minat belajarnya tergolong rendah. Pada siklus II ini telah terjadi peningkatan minat belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat melalui tidak adanya siswa yang memiliki minat belajar yang sangat rendah, dan pada siklus II ini sudah ada siswa yang memiliki minat belajarnya tergolong tinggi yaitu sebanyak 15 orang siswa (100%). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok globalisasi di kelas IV SD SD Swata Ichwanusshafa Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 195 |
Keywords: | Pendekatan PAIKEM; Minat Belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 10:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25431 |