Khairunnisa (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN NO 050615 KECAMATAN SEI BINGAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
03. ABSTRAK KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
05. DAFTAR ISI KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. DAFTAR GRAFIK KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. DAFTAR GAMBAR KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. DAFTAR LAMPIRAN KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. BAB I KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
14. BAB V KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA KHAIRUNNISA NIM 1133311005.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IVA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan penerapkan model pembelajaran Cooperative Script materi pokok energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN NO 050615 yang beralamat di Namu Ukur Kecamatan Sei Bingai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA di SDN NO 050615 Namu Ukur T.A 2016/2017 yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Dari hasil penelitian dengan menggunakan angket yang diamati oleh peneliti pada kondisi awal diproleh hasil minat belajar siswa dari 27 oarang siswa terdapat 14 siswa (52%) dengan kategori kurang, 12 siswa (44%) dengan kategori cukup, dan 1 siswa (4%) dengan ketegori baik. Dan rata-rata kelas kondisi awal yaitu 63. Pada siklus I dengan menggunkan model pembelajaran Cooperative Script diproleh hasil minat belajar siswa dari 27 orang siswa terdapat 21 siswa (78%) dengan kategori cukup, 5 siswa (18%) dengan kategori baik, dan 1 siswa (4%) dengan ketegori sangat baik, rata-rata kelas siklus I yaitu 72. Dan pada siklus II dengan signifikan hasil belajar siswa meningkat diproleh hasil 28 orang siswa terdapat 3 siswa (11%) dengan kategori cukup, 16 siswa (59%) dengan ketegori baik dan 8 orang siswa (30%) dengan ketegori sangat baik dan rata-rata kelas 81. Hasil penelitian dengan menggunakan lembar observasi pada siklus I peretemuan I dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script diproleh hasil minat belajar siswa dari 27 orang siswa terdapat 14 orang siswa (52%) dengan kategori kurang, 11 orang siswa (41%) dengan ketegori cukup, dan 2 orang siswa (7%) dengan ketegori baik, rata-rata kelas 61. Pada siklus I pertemuan II terdapat 9 orang siswa (33%) dengan ketegori kurang, 12 orang siswa (45%) dengan ketegori cukup, 6 orang siswa (22%) dengan ketegori baik, dan rata-rata kelas 69. Dan pada siklus II pertemuan I terdapat 1 orang siswa (4%) dengan ketegori kurang, 7 oarang siswa (26%) dengan kategori cukup, 15 orang siswa (55%) dengan kategori baik, 4 oarang siswa (15%) dengan ketegori sangat baik dan rata-rata kelas 77. Sedangkan pada siklus I pertemuan II terdapat 3 oarang siswa (11%) dengan kategori cukup, 11 oarang siswa (41%) dengan ketegori baik, 13 oarang siswa (48%) dengan kategori sangat baik dan rata-rata kelas 83. Berdasarkan data yang diproleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan materi energi di kelas IV SD Negeri NO 050615 Kecamatan Sei Bingai T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 189 |
Keywords: | Cooperative script; Minat belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 15:46 |
Last Modified: | 08 Aug 2017 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25408 |