Dalimunthe, Aris Muda (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8146172008 COVER.PDF - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. 8146172008 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (390kB) | Preview
3. 8146172008 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. 8146172008 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. 8146172008 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. 8146172008 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. 8146172008 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. 8146172008 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. 8146172008 BAB I.PDF - Published Version
Download (474kB) | Preview
13. 8146172008 BAB V.PDF - Published Version
Download (160kB) | Preview
14. 8146172008 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujun untuk : 1) Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis realistik matematik yang dikembangkan dengan berbantuan autograph untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP, 2) Mengetahaui peningkatan kemampuan matematis siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupaka penelitian pengembangan (reseach and development). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku pegangan guru, buku siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS) dan instrumen pemecahan masalah berbasis realistik. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientansi realistic mathematic ini meggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Sammel dan Sammel, yang meliputi tahap define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitin ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan berjumlah 50 orang. Kevalidan dilihat dari hasil validasi oleh para ahli. Untuk validitas instrumen para ahli menyatakan tes layak digunakan, validitas RPP sebesar 4,40; Buku Panduan Guru sebesar 4,21; Buku Siswa sebesar 4,30; Lembar Kegiatan Siswa sebesar 4,36. Keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembagkan berada dalam kategorikan valid dan instrumen tingkat reliabiitasnya 0,81 dengan kategori reliabilitas tinggi. Kepraktisan perangkat dilihat dari hasil validasi perangkat oleh para ahli, hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran guru mengelola pembelajaran berda dalam kategori baik/terlaksana sepenuhnya yaitu sebesar 4,03 pada uji coba lapangan I dan 4,39 pada uji coba II, hasil pengamatan aktivitas siswa berada dalam interval waktu ideal. Keefektifan dilihat dari (1) respon positif dari para siswa terhadap perangkat pembelajaran kategori positif, dan (2) hasil belajar lapangan I 84% dan 88% pada uji coba lapangan II. Dari hasil penelitin diperoleh informasi bahwa: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, prkatis dan efektif; 2) kemampuan pemecahan masalah berbasis realistik berbantuan autograph terjadi peningkatan dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sebesar 2%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Dal p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Pendekatan Matematika Realistik; Model Pengembangan 4D; Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Realistik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 15:45 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25402 |