Hutapea, Henny Dumarta (2017) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM IPA DI KELAS VII SMP PADA MATERI UNSUR SENYAWA DAN CAMPURAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 41333331023 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2 NIM 4133331023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3 NIM 4133331023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4 NIM 4133331023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
5 NIM 4133331023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
6 NIM 4133331023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7 NIM 4133331023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 NIM 4133331023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9 NIM 4133331023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
10 NIM 4133331023 BAB I.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14 NIM 4133331023 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15 NIM 4133331023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum yang standar untuk siswa kelas VII SMP/MTs semester I pada materi unsur, senyawa, dan campuran. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen kimia di Universitas Negeri Medan, guru IPA di SMP N 23, dan seluruh siswa kelas VII di SMP N 23 dan SMP N 35 Medan. Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development). Penuntun praktikum untuk materi unsur, senyawa, dan campuran terdiri dari sifat unsur logam dan non logam, menguji adanya unsur dalam senyawa dan campuran. Standarisasi penuntun praktikum yang dilakukan oleh dosen dan guru memberikan respon yang positif terhadap penuntun praktikum yang telah dikembangkan yang terdiri dari 3 komponen yaitu kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kelayakan penyajian dengan nilai rata-rata dari dosen sebesar 3,54 adalah valid dan tidak perlu direvisi dan nilai rata-rata guru sebesar 3,70 adalah valid dan tidak perlu direvisi. Uji coba dilakukan pada percobaan sifat unsur logam dan non logam, menguji adanya unsur dalam senyawa dan campuran. Hasil uji coba menunjukkan bahwa keefektifan penuntun praktikum yang telah dikembangkan memberikan hasil efektif di SMP N 23 Medan sebesar 72,88% dan di SMP N 35 Medan sebesar 71,62%. Itu menunjukkan bahwa penuntun praktikum yang telah dikembangkan efektif digunakan untuk kegiatan praktikum di SMP/MTs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 115 |
Keywords: | Pengembangan; Penuntun Praktikum; IPA; SMP; Efektifitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 11:07 |
Last Modified: | 08 Aug 2017 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25382 |