Usmaidar (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.
1. 055020347 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (793kB) | Preview
2. 055020347 Abstrak.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
3. 055020347 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (956kB) | Preview
4. 055020347 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 055020347 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 055020347 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (761kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yangdiajar dengan strategi pembelajaran pemodelan dan strategi pembelajaran konvensional,(2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa geografi yang memiliki kecerdasan visual spasial tinggi dan kecerdasan visual-spasial rendah, (3) mengetahui interaksi antarastrategi pembelajaran dan kecerdasan visual-spasial dalam mempengaruhi hasil belajargeografi siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian iniberjumlah 360 orang yang berasal dari 4 kelas X (sepuluh) MAN 1 Tanjung Pura.Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakancluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitiandiberikan tes kecerdasan visual-spasial untuk membedakan jenis kecerdasan visual spasial yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk mengujihipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas danreliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 45 soal yang diujikan sebanyak 30 soal sajayang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalahstatistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesispenelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yangscbelumnya, tcrlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitasdengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajargeografi antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran pemodelan dengansiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkanoleh Fhitung = 118,66 > Ftabel = 3,95 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1,76). (2)terdapat perbedaan basil belajar geografi antara siswa yang memiliki kecerdasan visual spasial tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial rendah. Hal iniditunjukkan oleh Fhitung = 20,04 > Ftabel = 3,95 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk =(1,76), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan visual spasial dalam mempengaruhi hasil belajar geografi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung= 53,51 > Ftabel = 3,95 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk=1,76).Semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Usm Usm |
Keywords: | Kecerdasan Visual-Spasial; Hasil Belajar Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2538 |