Hutahaean, Imron Chandra (2017) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LAGUBOTI T.P 2016/2017 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141047 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 7131141047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. NIM. 7131141047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 7131141047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 7131141047 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
6. NIM. 7131141047 LIST O TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 7131141047 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 7131141047 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7131141047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. NIM. 7131141047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 7131141047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orangtua dan pendidikan orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh status sosial ekonomi orangtua dan pendidikan orangtua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Laguboti Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Laguboti Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 120 orang, dan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah sampel yang diambil secara acak (Random Sampling) berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi (uji normalitas dan uji linearitas), regresi linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan analisi data dengan menggunakan program SPSS 19.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 21,686 + 0,351X1 + 0,2351X2. Selanjutnya variabel status sosial ekonomi orangtua (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap motivasi melanjutkan pendidikan dengan nilai sig<0,05 (0,024<0,05), dan pendidikan orangtua (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan dengan nilai sig <0,05 (0,039<0,05). Secara bersama-sama status sosial ekonomi dan pendidikan orangtua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan dengan nilai sig<0,05 atau 0,001<0,05. Persentase sumbangan pengaruh status sosial ekonomi orangtua dan pendidikan orangtua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan sebesar 21,3%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Status sosial ekonomi orangtua terhadap Motivasi melanjutkan pendidikan orangtua ,dibuktikan dengan nilai thitung (2,317)> ttabel (1,672). (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Orangtua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan,ini dibuktikan dengan nilai thitung (2,109)>ttabel (1,672). (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan Status sosial ekonomi orangtua dan Pendidikan orangtua secara bersama-sama terhadap Motivasi melanjutkan Pendidikan, dibuktikan dengan nilai Fhitung (7,701) > Ftabel (3,16). Besarnya sumbangan atau kontribusi antar variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu sebesar 21,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 060 |
Keywords: | Status sosial ekonomi orangtua; Pendidikan orangtua; Motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 11:07 |
Last Modified: | 07 Aug 2017 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25368 |